Saturday, August 29, 2020

ARTIKEL KEMERDEKAAN | KEMERDEKAAN YANG DIIMPIKAN

 

ARTIKEL KEMERDEKAAN | KEMERDEKAAN YANG DIIMPIKAN
Biro Tabung Kebajikan, Kesenian dan Riadah KPIPM sesi 2019/2020

        
     Menurut perspektif Islam, kemerdekaan bermakna kebebasan manusia dalam menikmati kehidupan sesuai fitrahnya yang menjadi sifat asasi manusia selaras matlamat sebenar penciptaannya oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman,mafhumnya:“Dan (ingatlah) Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk mereka menyembah dan beribadat kepada-Ku.” (Al-Dzariyat: 56)

        Hidup merdeka ialah hak asasi setiap manusia di dunia ini. Hak asasi sebagai manusia berakal waras dan bebas melaksanakan keyakinan dengan fitrah di bawah landasan perintah dan larangan Allah SWT. Pada zaman kini, pemahaman tentang hak asasi manusia telah disalah tafsir oleh kebanyakan orang Islam. Kefahaman mereka bahawa hak asasi ini adalah menurut kehendak hati dan nafsu hingga menghalalkan sesuatu yang haram dan mengharamkan perkara halal. Kemerdekaan yang difahami mereka termasuk bebas berfikir, berkehendak dan bertindak melakukan sesuatu tanpa dibatasi sebarang peraturan, nilai atau undang-undang termasuk hukum syarak.

        Namun, disebalik istilah kemerdekaan ini ada makna yang jauh lebih penting untuk sama-sama kita hayati dan renungi, iaitu sebuah kemerdekaan atau kebebasan yang bukan sekadar bebas daripada penjajahan fizikal semata, tetapi merdeka dari sudut Islam yang sebenarnya adalah mengeluarkan manusia daripada memperhambakan diri sesama manusia kepada memperhambakan diri kepada Allah SWT serta bermatlamat untuk meruntuhkan jahiliah yang merantai pemikiran umat Islam kini seperti mana yang diungkapkan oleh Rubaie bin Amir ketika menghadap panglima perang Parsi yang bernama Rustum:
 "Kami merupakan kaum yang diutuskan oleh Allah untuk mengeluarkan sesiapa yang mahu memperhambakan diri kepada manusia kepada memperhambakan diri kepada Allah yang Esa.."

        Maka marilah sama-sama kita merenung sejenak, adakah kita benar-benar merdeka mengikut Islam atau hanya atas kertas sahaja. Dalam surah Al-Maidah ayat 51, Allah SWT berfirman, mafhumnya:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim". (Al Maidah:51)

        Ayat di atas merupakan larangan mengambil orang Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin. Hal ini kerana, sedalam manapun pertentangan dan permusuhan sesama mereka seperti British, Portugis dan Belanda tetapi dalam menghadapi Islam, mereka bersatu dan saling menyokong antara satu sama lain serta tidak akan rela sehingga umat Islam mengikut jejak langkah mereka seperti yang disebut dalam firman Allah SWT di dalam surah Al-Baqarah ayat 10, yang mafhumnya:

"Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad )sebelum engkau mengikuti agama mereka.." (Al Baqarah:120)

        Sesungguhnya orang Yahudi dan Nasrani akan sentiasa berusaha mencari jalan untuk menyesatkan umat Nabi Muhammad SAW sehingga ke hari kiamat. Dendam terhadap agama ini telah membakar semangat mereka untuk mencengkam umat Islam pada ketika itu dengan bermatlamatkan 3G iaitu 'God, Gold, Glory'. Frasa 'God' dijadikan sebagai matlamat utama menunjukan bahawa cita-cita utama mereka adalah dengan menyebarkan kefahaman agama Kristian.

        Strategi demi strategi disusun demi menghancurkan umat Nabi Muhammad SAW. Antaranya adalah apabila mereka mendapat tahu bahwa negara Malaysia merupakan sebuah negara yang dipimpin oleh sultan yang berpegang dengan agama Islam dan melaksanakan perintah Allah SWT, maka mereka mula mencari jalan dalam menghantar agen-agen Yahudi dan Nasrani.

        Pada tahun 1511, mereka menghantar agen Yahudi dan Nasrani yang pertama iaitu Portugis bagi merebut kuasa pemerintahan negara Malaysia, kemudian diganti pula oleh penjajah Belanda pada tahun 1641, sehingga mereka berjaya mengaut segala kekayaan dan hasil bumi negara seterusnya menghancurkan dan memporak-perandakan umat Islam sendiri. Seorang demi seorang ulama’ dibunuh dalam memperjuangkan agama dan tanah air. Pada tahun 1824, pemerintahan diambil alih pula oleh penjajah British. Mereka memerangi pejuang-pejuang kemerdekaan yang terdiri daripada para alim ulama antaranya Mat Kilau, Tok Janggut, Haji Abdul Rahman Limbong, Rentap dan senarainya begitu panjang sekali. Pada tahun 1941, negara kita dijajah pula oleh penjajah Jepun sehingga berakhirnya penjajahan ini dengan berlakunya peristiwa pengeboman di Nagasaki dan Hiroshima. Kemudian diambil alih semula kuasa penjajahan oleh British. Selama 446 tahun bumi Malaysia dijajah, diperintah dan diserang habis-habisan oleh puak Yahudi dan Nasrani.

        Kedatangan mereka bukan semata-mata ingin meluaskan tanah jajahan dan mengaut segala kekayaan dan hasil bumi, tetapi mereka turut memasukkan ideologi-ideologi atau pegangan dan cara hidup mereka iaitu ideologi Kristianisasi dalam negara kita dengan cara berusaha mengkristiankan umat Islam seramai yang mugkin. Namun pegangan agama umat Islam yang kuat menyebabkan mereka gagal dalam usaha memurtadkan umat Melayu Islam pada ketika itu. Inilah hasil daripada pentarbiahan para alim ulama yang sangat memainkan peranan dalam menanamkan aqidah yang kuat dalam jiwa umat Islam. Namun sangat berbeza jika hendak dibandingkan dengan umat Islam pada hari ini, yang tidak ubah seperti buih-buih di lautan. Jumlah umat Islam kini semakin ramai tetapi sangat lemah iman dan pengangan aqidahnya.

        Selama 446 tahun dijajah dan diperintah, Yahudi dan Nasrani menggunakan modus operandi  mereka iaitu cara hidup mereka dan kemudian ditanam dalam pemikiran orang Melayu Islam iaitu kefahaman Sekular yang memisahkan agama dengan kehidupan. Kefahaman inilah yang disebut dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 85, di mana mereka hanya berpegang dan beriman kepada sebahagian isi kitab Taurat dan mengingkari sebahagian yang lain. Itulah kefahaman yang ditanam oleh fahaman sekular.

        Tanpa disedari, akhirnya mereka telah berjaya memasukkan kefahaman dan budaya hidup mereka dalam kehidupan masyarakat Melayu Islam ketika ini, antaranya adalah dengan menggunakan 5F iaitu Family, Funny, Fashion, Film, Food. Mereka akan berusaha agar agenda ini berjaya dengan memastikan bahawa setiap rumah tangga Muslim itu porak peranda, kemudian diperkenalkan hiburan demi hiburan yang melalaikan, pakaian yang tidak patuh syariah, cerita-cerita yang penuh dengan agenda yang tersurat dan tersirat serta makanan-makanan yang terdiri daripada unsur yang haram dan syubhah sehingga memberi kesan kepada kesucian hati dan pembentukan individu Muslim itu sendiri.

        Sabda Nabi Muhammad SAW "Kamu akan mengikut umat sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta sehingga mereka masuk kedalam lubang biawak, kamu tetap mengikuti mereka, kami berkata kepada Rasulullah SAW,"Adakah orang Yahudi dan Nasrani yang engkau maksudkan?", sabda Nabi SAW "Siapa lagi kalau bukan mereka".

        Sesungguhnya dendam mereka terhadap agama Islam yang suci ini akan terus membara sehingga ke hari kiamat. Dendam inilah yang membuatkan mereka tidak akan pernah berdiam diri sehingga kita benar-benar mengikuti jejak langkah agama mereka. Oleh itu, sama-samalah kita renungi, adakah kita benar-benar mencapai definisi kemerdekaan yang sebenar? Adakah kita benar-benar merdeka dari sudut penjajahan pemikiran dan kefahaman yang telah ditanam oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani?

        Justeru, jika kita hari ini sebagai seorang mahasiswa Islam yang merupakan ejen pembangunan sebuah negara haruslah kita bersama-sama berusaha mengambil peluang serta memainkan peranan dalam menyumbang pelbagai idea yang kreatif, kritis dan analitis untuk masa depan negara bagi mencapai kemerdekaan yang sebenar.

        Antara peranan mahasiswa dalam mencapai kemerdekaan sebenar adalah dengan mengamalkan ilmu yang telah dipelajari. Ini adalah kerana penguasaan ilmu dalam sesuatu bidang akan mengangkat martabat sesuatu bangsa dan negara. Dengan ilmu yang diamalkan sebaik mungkin, ia boleh mengubah kehidupan dan nasib sesuatu negara bangsa untuk mendepani cabaran hidup dan zaman.

        Selain itu, mahasiswa juga dituntut bijak memilih pemimpin yang ideal menurut perspektif Islam. Pentingnya memilih pemimpin yang betul supaya terwujudnya sebuah negara yang makmur dan rakyat sejahtera. Contoh kriteria pemimpin ideal, hendaklah merujuk kepada Rasulullah SAW. Setidaknya ada empat sifat yang ditunjukkan Rasulullah SAW sebagai pemimpin, yakni siddiq (jujur), amanah, fathanah (cerdas), dan tabligh (aktif mengajak pada kebaikan).

        Seterusnya, mahasiswa berkewajipan dalam memahami Islam secara keseluruhan yakni memaknai hidup Islam dengan sebenar-benarnya. Sebagaimana Allah SWT berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam secara keseluruhan..." (Al-Baqarah : Ayat 208).

Dalam tafsir Ibnu Katsir ayat ini diterjemahkan bahwa Allah memerintahkan kepada hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasul-Nya agar berpegang kepada tali Islam dan semua syariatnya serta mengamalkan semua perintahnya dan meninggalkan semua larangannya dengan segala kemampuan yang dimiliki. Untuk melaksanakan hal ini tentu kita harus memiliki pemahaman akan Islam secara benar. 

        Akhirnya, mahasiswa haruslah memainkan peranan serta bangkit dan mengkaji sejarah Islam supaya tidak mudah tertipu. Ini kerana di zaman yang serba canggih ini semua informasi dengan mudah boleh diperoleh melalui media sosial tetapi perlu berhati-hati kerana tidak semua informasi dan fakta yang kita dapat itu tepat jika sumbernya hanya dari internet. Maka, menjadi tugas mahasiswa untuk mengkaji semula sejarah Islam yang sebenar. Sejarah yang benar ini penting dalam mengobarkan semangat anak cucu untuk kembali mencari kebenaran. Dari situlah akan datangnya semangat untuk menjadi pendokong agama, bangsa dan negara.


Disediakan oleh :
Nirmin Wardah binti Mohd Ali Piah
Nuralya Faqihah binti Abdul Rahim
(Peserta Kelas Penulisan Pusat Sumber Tenaga (PESAT) KPIPM sesi 2019/2020)

BERILMU, BERAMAL, IKHLAS
“MEMURNIKAN PEMIKIRAN, MELESTARIKAN KESATUAN”

9 comments:

  1. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  2. Selamat siang
    Nama saya Fatma Wati, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman internet karena begitu banyak pemberi pinjaman Internet di sini semuanya penipu dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya melamar pinjaman $ 55,000,00 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah $ 5.500,00 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2018 ini, teman saya DIANA JAMES di tempat kerja saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari GLOBAL FINANCE LIMITED dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah percaya dia sampai saya pergi dengannya ke bank untuk mengkonfirmasikannya dan saya kagum karena saya kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga Tuhan memberkati nyonya yang baik, Ny. Augusta Ibramhim atas apa yang dia lakukan kepada saya dan rumah tangga saya, saya memberi tahu teman saya untuk memperkenalkan saya kepada ibu yang baik. Augusta Ibramhim, GLOBAL FINANCE LIMITED, dia dan saya mengajukan pinjaman $ 190.000,00
    Saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman $ 190.000,00 di rekening bank saya dan saya menelepon teman saya DIANA JAMES bahwa saya telah menerima pinjaman dan saya juga telah memperkenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik Nyonya Augusta Ibramhim.
    Saya ingin Anda yang membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda membutuhkan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu yang baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang tepat untuk membaca kesaksian saya dan dia membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Madam Augusta Ibramhim via EMAIL: (augustaibramhim11@gmail.com)
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: fatmawati111m@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi teman saya DIANA JAMES melalui EMAIL-nya: dianajames111m@gmail.com

    SEKALI LAGI TERIMA KASIH SEMUA UNTUK MEMBACA KESAKSIAN SAYA, DAN MUNGKIN ALLAH LANJUTKAN UNTUK MEMBERKATI KITA SEMUA DAN MEMBERIKAN KEHIDUPAN DAN KEMAKMURAN PANJANG, AMIN.

    ReplyDelete
  3. Nama saya Siti Maria, dari Indonesia.
    Saya menghubungi Ibu RIKA ANDERSON PINJAMAN DAN INVESTASI BITCOIN untuk pinjaman bisnis tanpa jaminan $ 10.000. Kemudian saya diberi tahu tentang langkah-langkah untuk membayar jumlah pinjaman yang saya minta.

    Setelah mengambil risiko lagi karena saya begitu putus asa untuk mendirikan bisnis, saya sangat terkejut, jumlah pinjaman yang disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam waktu 7 jam bank tanpa tekanan untuk mendapatkan pinjaman saya.

    Saya terkejut karena saya adalah korban penipuan pertama! Jika Anda tertarik untuk mendapatkan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN AND BITCOIN INVESTMENT COMPANY
    melalui Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan dan penjelasan Whatsapp +1(323)689-3663
    Siti: mariasity62@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Nyonya Najwa Mohamed
    Saya tinggal di Depok Indonesia
    Hibah Pinjaman Rp200.000.000 BCA
    najwamohamedh@gmail.com

    Nama saya Ny. Najwa Mohamed. Saya tinggal di Depok Indonesia, saya segera ingin menggunakan media online ini untuk menginformasikan seluruh Indonesia agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu. Ada banyak pemberi pinjaman palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata.

    Saya ingin bersaksi tentang bagaimana Tuhan Yang Maha Esa membimbing saya menjadi pemberi pinjaman sejati RIKA ANDERSON LOAN COMPANY dan mengubah hidup saya dari rumput menjadi Rahmat. Saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran, jaminan, pajak dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online sehingga saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman yang baru saja mendapatkan pinjaman online dan membagikan kisahnya secara online, dia bercerita tentang seorang wanita bernama Ibu RIKA ANDERSON, CEO RIKA ANDERSON PERUSAHAAN PINJAMAN.

    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    e-mail rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 (323) 689-3663

    Beberapa hari yang lalu saya mengajukan pinjaman (Rp200.000.000) dengan bunga rendah, saya memberi tahu ibu saya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam saya menerima pesan bank dari mentransfer pinjaman saya ke rekening bank saya dan saya sangat bahagia dengan bisnis dan keluarga saya.

    Siapapun yang menginginkan pemberi pinjaman, hubungi Rika Anderson. Saya berdoa agar Tuhan memberkati ibu saya karena perbuatan baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di email najwamohamedh@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Selamat siang untuk semuanya, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya Bu Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya dengan Bu Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman Rp 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, maka dari itu saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu Deborah melalui email:
    (avantloanson@gmail.com)
    Melalui WhatsApp:
    +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  6. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  7. Mdma, metilona, LSD, mefedrona, cocaína, ketamina, anfetamina, vendaje de efedrina
    sitio web.... https://alphafarmacia.com/
    Correo electrónico: support@alphafarmacia.com
    Cristais Ketamina,
    oxicotina
    Adderall
    MATADONA
    Ritalin
    hidrocodona
    efedrina
    Morfina 30MG
    mefedrona
    MDMA
    MDPV
    metilona
    Fenazepam
    butilona
    MDPV
    Cocaína
    oxicotina
    MATADONA
    Ritalin
    clorhidrato de cocaína
    Ritalin
    hidrocodona
    Cocaína pura
    Ketamina
    sitio web.... https://alphafarmacia.com/
    Correo electrónico: support@alphafarmacia.com

    ReplyDelete
  8. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    ReplyDelete
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA Unit Penerangan dan Penerbitan KPIPM sesi 2023/2024 Firman Allah SWT : { فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَ...