Tuesday, May 1, 2012

Perjanjian Fudhul : Satu Kefahaman




Sejarah Perjanjian Fudhul

Ia berlaku dalam bulan Zulkaedah, selepas pulangnya kabilah-kabilah Quraisy dari peperangan Fijar. Kabilah-kabilah Quraisy yang terlibat dalam perjanjian yang dibuat ialah Bani Hashim, Bani Mutallib Ibn Abdul Manaf, Bani Asad bin Abdul Al-Uzza, Bani Zuhrah bin Kilab, dan Bani Taiym bin Murrah.

Perjanjian tersebut berlaku di rumah Abdullah bin Jud’an At-Taimi. Mereka telah berjanji dan bersepakat untuk memihak kepada sesiapa sahaja yang dizalimi, dan bertindak terhadap pihak yang melakukan kezaliman, sehingga dapat dikembalikan hak kepada tuannya yang dizalimi. Ketika perjanjian tersebut dimeterai oleh kabilah-kabilah Qurasiy, Nabi SAW ketika itu berumur sekitar 14 atau 15 tahun (terdapat riwayat juga mengatakan 20 tahun) turut serta memerhatikan perjanjian itu dilakukan.

Sebab Berlaku Perjanjian Fudhul

Seorang lelaki dari Zubaid datang ke Mekah bersama barangan perniagaannya. Barangan tersebut dibeli oleh Al-‘As ibnu Wail, seorang yang mempunyai kedudukan dan kemuliaan di Mekah. Al-‘As ibnu Wail tersebut telah pun menzalimi lelaki tersebut dengan tidak memberikan bayaran ke atas barangan yang dibeli. Lalu lelaki tadi meminta pertolongan daripada Abdul al-Dar, Makhzum, Jumah, ‘Adi. Namun mereka membantunya kerana melihat kepada kedudukan dan kemuliaan yang terdapat pada Al-‘As ibnu Wail tersebut.

Lantaran itu, maka tercetuslah perjanjian Fudhul bagi kerjasama dalam memastikan Mekah terhindar daripada sebarang unsur kezaliman bagi memastikan Mekah selamat kepada penduduk Mekah dan pihak luar yang datang berziarah atau berniaga di Mekah.

Pengiktirafan Nabi SAW Ke Atas Perjanjian Fudhul

Nabi SAW bersama-sama dengan bapa saudara baginda SAW menyaksikan perjanjian Fudhul ini dimeterai antara kabilah-kabilah Quraisy. Walaupun ketika itu Nabi SAW belum dilantik menjadi seorang nabi dan rasul. Walaupun begitu, namun disebabkan intipati perjanjian yang dilakukan adalah membawa kepada kebaikan umum dan menepati hak keadilan seorang manusia, baginda SAW merasakan begitu teruja. Hal ini demikian kerana perjanjian yang ditunjukkan menafikan semangat jahiliyah yang keji yang berlaku di kalangan kabilah-kabilah arab Mekah ketika itu iaitu ketaasuban dalam membela kabilah masing-masing. Namun dengan tercetusnya perjanjian ini, maslahat umum menjadi persepakatan bersama dalam memastikan tidak ada unsur kezaliman dan pihak yang dizalimi akan dibela.

Nabi SAW bersabda :

لَقَدْ شَهَدْتُ مَعَ عُمومَتِي حِلْفًا فِي دارِ عَبْد الله بن جُدْعان ما أُحِبُّ أَنَّ لي به حُمْرَ النَّعَمِ وَلَوْ دُعِيْتُ به في الإسلام لَأَجَبْتُ

“Sesungguhnya aku telah menyaksikan bersama-sama dengan bapa saudaraku akan perjanjian (perjanjian Fudhul) yang berlaku di rumah Abdullah bin Jud’an. Maka (perjanjian tersebut) lebih aku sukai daripada unta merah (unta yang berharga mahal dan kualiti tinggi). Dan sekiranya aku dijemput untuk (bersama-sama) dengan perjanjian tersebut ketika Islam (selepas wahyu diturunkan), nescaya akan aku sahut.” – Ahmad no 1567

Jelas menunjukkan perjanjian yang dilakukan walaupun pada zaman jahiliyyah dan dilakukan oleh bukan masyarakat Islam namun sekiranya ia membawa kebaikan umum yang bertepatan dengan kehendak Islam, nescaya Nabi SAW akan bersama-sama dalam kerjasama tersebut. Hal ini demikian kerana perjanjian tersebut tidak melanggar kehendak Islam dan dengan perjanjian tersebut memberikan kekuatan yang lebih apabila masyarakat bukan Islam juga membantu Islam dalam membawa apa yang dikehendaki oleh Islam.

Hal ini merujuk kepada lafaz Nabi SAW dalam sabda baginda tersebut iaitu :

وَلَوْ دُعِيْتُ به في الإسلام لَأَجَبْتُ

Dan sekiranya aku dijemput untuk (bersama-sama) dengan perjanjian tersebut ketika Islam (selepas wahyu diturunkan), nescaya akan aku sahut.” – Ahmad no 1567

Perjanjian Yang Dilarang Dalam Islam

Perjanjian merupakan persetujuan atau persepakatan antara dua pihak dalam melaksanakan apa yang dipersetujui tersebut. Bahkan hukumnya adalah wajib melaksanakan tuntutan dalam perjanjian tersebut selagimana ia tidak bertentangan dengan syara’.

Firman Allah dalam Surah Al-Maidah pada ayat ke-1 :

أَوْفُوا بِالعُقُود

“Sempurnakanlah perjanjian-perjanjian.”

Amru bin Syuaib meriwayatkan daripada bapanya yang diriwayatkan daripada datuknya bahawa Nabi SAW bersabda :

أَوْفُوا بِعَهْد الجاهِلِيَّة فَإِنَّ الإسلامَ لَمْ يَزِدْهُ إِلّا شِدَّة

“Sempurnakanlah perjanjian yang telah dilakukan di zaman jahiliyyah, maka sesungguhnya Islam tidak menambah apa-apa melainkan untuk menguatkan perjanjian tersebut (dari sudut kebaikan yang dipersetujui bersama).” – Ahmad no 6933

Maka selagimana perjanjian yang dibuat tidak melibatkan maksiat dan perkara-perkara yang berlanggar dengan syara’, maka Islam tidak menghalangnya. Hal ini demikian kerana perjanjian yang dibuat adalah mengambil konsep umum dalam konteks bantu-membantu sebagaimana yang dikehendaki oleh Islam iaitu melalui firman Allah dalam Surah Al-Maidah pada ayat ke-2 yang bermaksud :

“Dan tolong menolonglah atas dasar kebajikan dan taqwa, janganlah tolong menolong atas dasar dosa (maksiat) dan pencerobohan (kezaliman).”

Persoalan mengenai sabda Nabi SAW yang menyatakan bahawa tiada lagi perjanjian dalam Islam sebagaimana dalam sabda baginda SAW :

أَوْفُوا بِعَهْد الجاهِلِيَّة فَإِنَّ الإسلامَ لَمْ يَزِدْهُ إِلّا شِدَّة, وَلا تُحَدِّثوا حِلْفًا في الإسلام

“Sempurnakanlah perjanjian yang telah dilakukan di zaman jahiliyyah, maka sesungguhnya Islam tidak menambah apa-apa melainkan untuk menguatkan perjanjian tersebut (dari sudut kebaikan yang dipersetujui bersama), dan janganlah kamu mengadakan perjanjian dalam Islam.” – Ahmad no 6933

Berkenaan hadis di atas seorang lelaki bertanya kepada Anas RA, lalu Anas RA menjawab : Sesungguhnya Nabi SAW mengadakan perjanjian dengan bangsa Quraisy dan Ansar di rumahku. -  Fathul Bari dalam bab persaudaraan dan perjanjian
Begitu juga dengan sabda Nabi SAW :

لا حِلْفَ في الإسلام وَأَيَّما حِلْف كان في الجاهلية لَمْ يَزِدْهُ الإسلام إِلّا شِدَّة

“Tidak ada perjanjian di dalam Islam. Dan apa-apa perjanjian yang berlaku di zaman jahiliyyah, maka Islam tidak menambah apa-apa ke atas perjanjian tersebut melainkan untuk menguatkan (perjanjian itu).” – Bukhari no 2294, Muslim no 2529 dan Abu Daud no 2927

Yang dimaksudkan dengan tiada perjanjian di dalam Islam ialah perjanjian yang berbentuk perjanjian bagi persaudaraan dalam mewarisi harta pusaka (telah dimansukhkan) dan perjanjian yang ditegah oleh syara’. – Syarah Sahih Muslim oleh Imam An-Nawawi

Kesimpulannya

Bekerjasama dengan non-muslim bukanlah satu larangan secara mutlak. Akan tetapi sekiranya untuk menolak kezaliman yang berlaku dan membawa kebajikan dan kebaikan umum dalam masa yang sama tidak menyebabkan nilai-nilai Islam tergadai maka ia adalah diharuskan.
Perjanjian yang dilarang di dalam Islam adalah perjanjian yang disepakati mengandungi unsur-unsur yang ditegah oleh Islam seperti membela kezaliman yang berlaku.

Wallahu a’lam

Disediakan oleh :
Muhamad Zuhaili Saiman
Pengerusi Felo MANHAL PMRAM 2012

Rujukan :
1-      As-Sirah An-Nabawiyah,oleh Dr Ali As-Solabi, cetakan Dar At-Tauzik Wa An-Nasyr
2-      Nur Al-Yaqin Fi Sirah Sayyid Al-Mursalin, oleh Syeikh Al-Khudri, cetakan Dar Shodir
3-      At-Taadudiyah As-Siyasiyah Fi Ad-Daulah Al-Islamiyah, oleh Dr Solah Sowi, cetakan Al-Jamiah Ad-Dauliyah Bi Amrika Al-Latiniyah
4-      Al-Ikhwan Al-Muslimun Wa Al-Intikhabat, hasil pengumpulan oleh Al-Basair Lil Buhuth Wa Ad-Dirasah

Sumber : manhal.pmram





4 comments:

  1. Kabar Baik Nama saya KEMALA JAYACHANDRA, warga negara Indonesia, dari Jakarta Selatan. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran penting kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman dengan sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu. Beberapa pemberi pinjaman ada di sini untuk menipu orang dan merampas uang hasil jerih payah mereka, tetapi RYAN CEANIC LOAN FIRM berbeda. Beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar membutuhkan pinjaman tetapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka membutuhkan jaminan nyata, yang tidak dapat saya berikan. Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online dan saya mengajukan sekitar Rp 19 juta, saya hampir mati, sampai seorang teman merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama SIR RYAN CEANIC, pemilik RYAN CEANIC LOAN FIRM, Dia adalah pemberi pinjaman global; Saya menghubungi dan mereka meminjamkan saya sejumlah pinjaman Rp 700.000.000 dalam waktu kurang dari 48 jam pemrosesan dengan tingkat bunga 1% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank setelah membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya mengetahui bahwa jumlah yang saya kirimkan dikreditkan ke rekening bank saya

    Saya memutuskan untuk mengingatkan dan membagikan kesaksian saya tentang SIR RYAN CEANIC sehingga orang-orang Melayu dan Indonesia dapat memperoleh pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi SIR RYAN CEANIC melalui email: (ryanceanicloanfirm@gmail.com) dan
    nomor whatsapp adalah +18649995619

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (kemalajayachandra438@gmail.com) Sekarang saya adalah pemilik bisnis besar yang bangga di kota saya, Semoga Allah terus memberkati SIR RYAN CEANIC untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  2. Halo, saya Ryan Ceanic, pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Kami membantu orang dalam kesulitan keuangan yang telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? tidak perlu mencari lagi karena kami di sini untuk menjadikan semua masalah keuangan Anda sebagai masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tingkat bunga 1%. kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima. Untuk aplikasi dan informasi lebih lanjut, kirim balasan ke yang berikut ini
    Alamat email: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    ReplyDelete
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  4. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    ReplyDelete

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA Unit Penerangan dan Penerbitan KPIPM sesi 2023/2024 Firman Allah SWT : { فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَ...