Sunday, May 13, 2012

ISLAM : Konsep dan Kewajipan Menjaganya



KONSEP ISLAM DAN RAHMAT

Islam datang membawa rahmat (kasih sayang) kepada semua makhluk dimuka bumi. Hal ini bertepatan dengan firman Allah taala daripada pengutusan Nabi s.a.w. : "dan tidaklah aku mengutuskan kamu (wahai Muhammad) melainkan untuk membawa rahmat keseluruh alam". (Surah al-Anbia' : 107)
Oleh itu, sesuatu pensyariatan dalam Islam mempunyai tujuan dan peranan khusus untuk menjaga keamanan manusia dan makhluk-makhluk Allah yang lain. 

Imam al-Ghazali dalam kitabnya al-Mustasfa[1] ada menyebutkan lima perkara daripada tujuan pensyariatan dalam Islam atau dengan nama lain Maqasida Syar'iah :

1. Menjaga agama : Larangan supaya tidak syirik dan murtad kepada Allah
2. Menjagga akal : Larangan daripada meminum arak dan seumpamanya
3. Menjaga nyawa : Larangan agar tidak membunuh dan mencederakan manusia lain
4. Menjaga keturunan : Larangan supaya tidak berzina dan gejala sosial
5. Menjaga harta : Larangan daripada merompak, mencuri, rasuah, riba da lain-lain

Perkara ini dilihat sebagai hikmah daripada Allah taala kerana menurunkan agama kepada kita sebagai manual untuk dirujuk bagi menjalani kehidupan seharian. Sebab agama itu datang sebagai pemandu kepada setiap manusia yang mempunyai akal rasional untuk berfikir apa yang baik dan buruk sebagai mendapatkan kehidupan yang sejahtera atas muka bumi Allah.


BEBERAPA KEWAJIPAN ASAS SEORANG MUSLIM

Dr. Ali Jarishah dalam kitabnya[2] ada menyebutkan beberapa kewajipan asas sebagai seorang muslim terhadap agamanya. Antaranya :

1. Kewajipan menjaga agama dan syariat Islam (sepenting-penting kewajipan)
2. Kewajipan menjaga kesatuan umat Islam sejagat dan keselamatan negara mereka
3. Kewajipan mejaga kebebasan dan nyawa orang-orang Islam


PERINGKAT / MARHALAH MEMPERTAHANKAN PENSYARIATAN ISLAM

Peringkat Pertama : Ingkar dengan hati

Peringkat ini merupakan fardhu ain (kewajipan) kepada semua umat Islam samada lelaki ataupun perempuan. Ini kerana tiada seorang pun yang terhalang untuk mengingkari dengan hatinya terhadap sesuatu maksiat kepada Allah taala. 

Firman Allah taala : "Janganlah kamu condong kepada mereka-mereka yang melakukan kezaliman kerana mereka akan menyebabkan kamu disentuh oleh api neraka". (Surah Hud : 113)

Akan tetapi ini adalah selemah-lemah iman (sekiranya mereka mampu) kerana ianya tidak diiringi dengan perbuatan untuk mencegah sesuatu perkara yang bertentangan dengan syariat Allah taala. 

Namun sekiranya mereka tidak mampu dan mendapat ancaman yang menyebabkan luputnya nyawa, mereka dibenarkan untuk membuat pilihan samada ingin menegur sesuatu kezaliman yang berlaku ataupun tidak. Mereka dimaafkan disisi pendapat para ahli feqh.

Bagi mereka yang tidak mengingkari sesuatu maksiat dan kezaliman yang berlaku walaupun dengan hati maka mereka akan mendapat laknat Allah taala sebagaiman Bani Israel. 

Frman Allah taala : "Orang-orang kafir Bani Israel telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Nabi Daud dan Isa putra Maryam, yang demikian itu kerana mereka derhaka dan selalu melampaui batas, mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka perbuat , sungguh sangat buruk apa yang mereka perbuat". (Surah al-Maidah : 78-79)

Peringkat Kedua : Ingkar dengan perkataan (jihad dengan lisan).

Peringkat ini terbahagi kepada dua kategori :

1. Fardhu kifayah : daripada kalangan orang-orang awam
Sekiranya sudah terdapat daripada sesebuah kampung yang telah menjalankan amar makruf nahi mungkar maka akan gugurlah kefardhuan jihad dengan lisan kepada setengah penduduk atau orang awam yang lain.

2. Fardhu ain : daripada kalangan ahli ijtihad (fatwa) dan para ulama
Haram bagi setiap daripada ahli ilmu dan mereka yang bijaksana dalam agama berdiam diri membisu seribu bahasa sekiranya sesuatu pensyariatan  Islam tidak ditegakkan dan maksiat berlaku berleluasa dikalangan masyarakat.

Rasulullah pernah bersabda : "Sesiapa yang menyembunyikan ilmu maka Allah akan memakaikan kekangan (dimulutnya) pada hari kiamat dengan kekangan yang diperbuat daripada api neraka, sesiapa yang mennyembunyikan kebenaran maka mereka itu adalah syaitan bisu".

Beberapa langkah dan peringkat mengingkari dengan perkataan sebagaimana method yang diajarkan oleh al-Quran.

Firman Allah taala : "Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan berhikmah, peringatan baik dan berdebatlah dengan cara yang baik". (Surah al-Nahl : 125)

Berdasarkan ayat diatas, terdapat tiga cara dan langkah penyampaian :

1. Pengenalan, berhikmah dan lemah lembut
2. Peringatan dan nasihat yang baik
3. Berdebat dan berhujjah dengan cara yang baik

Peringkat Ketiga : Penolakan (Gugurkan hak-hak Pemerintah)

Sekiranya peringkat pertama dan kedua (ingkar dengan hati dan lisan) tidak memberi kesan maka hendaklah gugurkan segala hak-hak yang sepatutnya diterima oleh pemerintah seperti memberi ketaatan dan sebarang pertolongan kepada mereka dalam pemerintahan.

Ini berkisar dalam skop terhadap sesuatu tindakan pemerintahan dan sebarang bentuk teknikal yang dirancang yang tidak mengikut syariat Allah taala. Menjadi kewajipan kepada seluruh umat Islam memboikot secara lembut setiap perancangan yang membawa kepada kemurkaan Allah taala.

Firman Allah taala : "Sesungguhnya Allah telah menurunkan kepadamu (hukum-hukum) dalam al-Quran bahawa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan maka jananlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain, kerana (kalau tetap duduk sekali dengan mereka) tentulah kamu serupa dengan mereka, sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua orang-oran munafik dan kafir di neraka Jahannam". (Surah al-Nisa' : 140)

Sabda Rasulullah s.a.w. : "Adakah kamu semua mendengar? Sesungguhnya Allah taala akan jadikan kepada kamu beberapa pemimpin-pemimpin (yang zalim), sesiapa yang menjadi golongan mereka dan membenarkan pembohongan mereka  serta menolong kezaliman yang mereka lakukan maka bukanlah daripada kalanganku (umatku), aku bukanlah daripadanya dan dia tidak akan (merasai) talaga haud, sesiapa yang tidak termasuk dalam golongan mereka dan tidak membenarkan pembohongan mereka serta tidak menolong kezaliiman yang mereka lakukan maka dia daripada kalanganku (umatku) dan aku daripada kalangannya, dia akan dapat (Merasai) telaga haud". (Riwayat Imam Ahmad dan Nasa'ie)

Peringkat Keempat : Jatuhkan pemerintah thaghut.

Dalam proses menegakkan syariat Allah, Islam perlu memerintah bukan diperintah. Oleh itu, menjadi kewajipan kepada seluruh umat Islam untuk cuba sedaya upaya melalui apa jua cara yang sesuai dengan syara' untuk mengislah dan memperbaiki sesuatu pemerintahan negaranya dengan seruan kebangkitan terhadap rakyat secara hikmah dan peringatan yang baik. 

Inilah yang dimaksudkan oleh Rasulullah bagaimana kita ingin menolong saudara-saudara kita dikalangan pemerintah yang zalim. 

Sabda Rasulullah s.a.w. daripada Abdullah bin Abbas : "Tolonglah saudaramu yang dizalimi dan yag menzalimi, sahabat berkata : Aku menolong mereka yang dizalimi, adakah kamu dapati (wahai Rasululllah) sekiranya yang zalim bagaimana aku boleh meolongnya? Rasulullah bersabda : Tahan dan tegahlah dia daripada melakukan kezaliman, maka itulah cara menolongnya (yang zalim)". (Riwayat Imam al-Tabrani)

Jatuhkan pemerintahan thagut (mereka yang memerintah melampaui daripada hukum Allah) bukanlah bermaksud dengan memerangi mereka dengan cara menggulingkan pemerintah menggunakan senjata ataupun revolusi yang bersifat kekerasan.

Tidak mengapa meminta tolong dan bekerjasama (tahaluf siasi) dengan non-muslim sebagai strategi untuk mencapai tujuan selagi prinsip-prinsip Islam yang asas tidak digadai.[3]

Lihat : http://www.manhal.pmram.org/2011/10/hukum-tahaluf-siasi-dalam-gerakan-islam.html 
Perkara ini sesuai dengan pendapat daripada jumhur ulama', wajib bersabar untuk menegakkan hukum Allah dan haram memerangi pemerintah (dalam erti melancarkan perang senjata) selagi pemerintah tidak secara jelas menampakkan kekufuran dan memerangi Islam dan umatnya.

Firman Allah : "Taatlah kepada Allah, taatlah kepada Rasul dan kepada pemerintah daripada kalangan kamu". (Surah al-Nisa' : 59)

Sabda Rasulullah s.a.w. : "Sesiapa yang melihat pemerintahnya melakukan sesuatu perkara yang ditegah (syara') maka bersabarlah (menasihatinya)". (Riwayat Bukhari) 

Ini kerana Islam adalah agama pemberi nasihat dan penunjuk kepada jalan kebenaran. 

Sabda Rasulullah s.aw. : "Tiada ketaatan dalam perkara maksiat, sesungguhnya ketaatan itu pada perkara kebaikan, maka wajib salah seorang antara kamu dengar dan taat apa yang tidak disuruh kepada perkara yang berbentuk maksiat, maka sekiranya disuruh kepada perkara maksiat maka tidak perlu dengar dan patuh". (Riwayat Muslim)


KESIMPULAN

Hujjatul Islam Imam Ghazali ada menyebutkan : "Dunia sebagai kebun akhirat, tidak akan sempurna agama melainkan dengan adanya dunia,pemerintahan dan agama adalah dua benda yang kembar, agama adalah asas (sumber), sultan adalah pemegang amanah, jika tiada asas maka akan binasa, jika tiada pemegang amanah maka akan sempitlah, tidak akan sempurna pemerintahan dan undang-undang kecuali dengan ketua (sultan atau pemimpin)".[4]

Firman Allah taala : "Sesungguhnya Allah menyuruhmu menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya an apabila kamu menetapkan sesuatu hukum kepada manusia hendaklah menetapkannya dengan adil,sesungguhnya Allah sebaik-baik yang member pengajaran kepadamu, sesungguhnya Allah maha Mendengar lagi maha Melihat." (Surah al-Nisa' : 58)

Wassalam



Disediakan oleh :
Muhammad Zuhairi bin Zainal Abidin
Ketua Badan Pengetahuan dan Penyelidikan PMRAM 2012

Sumber : manhal-pmram

12 comments:

  1. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia
    [[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete
  2. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN ANDERSON
    karena memberi saya pinjaman $ 900.000.
    Nama saya Ayu Amangku dan emailnya ayuamangku@gmail.com, saya dari Jl.peninggaran Timur 009, RT 003/011, No 21 A Jakarta Indonesia.

    Saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya telah mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan sangat membantu dengan keuangan rumah, tetapi semua menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari pada internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di blog yang berbeda dari Maria fadhlan mariafadhlan@gmail.com, Ismaya Ismaya puspitanismaya@gmail.com dan Nabilah ashraff nabilahashraff@gmail.com.
    Saya menghubungi penasihat kredit Rika Anderson melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +15183602491 dan pinjaman saya diberikan pada 28 Februari 2019.

    Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pemberi pinjaman blog sepenuhnya palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang baik, saya tidak dapat menyimpannya untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian saya tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    ReplyDelete
  5. Damai selalu bersamamu! Nama saya Ny Nabilah Ashraff dari Karel Sasuit Tubun di Semarang, Indonesia

    Saya meminjam sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta, jadi saya tidak mendapatkan pinjaman, Tuhan itu mulia, saya bertemu dengan seorang teman online Ahmadzulkifli mengirim email ke harumahmadzulkifli@gmail.com dan Endang nisrina dengan email endangnisrina@gmail.com yang memberikan kesaksian tentang bagaimana ia mengajukan pinjaman, dan ia mendapatkan pinjaman tanpa tekanan dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY

    Jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu. Perusahaan Rika Anderson, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir ini adalah lelucon dan kecurangan, tetapi saya mendapat pinjaman di rekening BANK INDONESIA dengan 2% tanpa jaminan. hari ini saya sangat senang dengan keluarga saya dan bisnis yang luar biasa.

    Saya sangat senang bahwa saya selamat dari kemiskinan. Jadi saya menyarankan Anda yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu Rika karena semua pimpinan pinjaman lainnya palsu. Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Rika Anderon Whatsapp: +15183602491

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum
    Nama saya Kemala Jayachandra
    Dari Jakarta selatan Indonesia
    e-mail: kemalajayachandra438@gmail.com
    Saya berterima kasih kepada ALLAH untuk membuat kesedihan saya berakhir melalui RYAN CEANIC LOAN FIRM untuk beberapa waktu sekarang perdagangan saya telah turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan perdagangan saya kembali, saya telah ditipu berkali-kali semua janji saya pada pinjaman tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, jadi saya bertemu RYAN CEANIC dan memberi saya pinjaman Rp 1 miliar (Rp 1.000.000.000), saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke rekening saya, mereka yang mencari pinjaman harus hati-hati karena 75% dari pinjaman online itu palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah 100% peminjam pinjaman online,
    E-mail: ryanceanicloanfm@protonmail.ch
    Whatsapps: +4915772501298

    ReplyDelete
  7. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  9. Are you in financial crisis, looking for money to start your own business or to pay your bills?
    GET YOUR BLANK ATM CREDIT CARD AT AFFORDABLE PRICE*
    We sell this cards to all our customers and interested buyers worldwide,Tho card has a daily withdrawal limit of $5000 and up to $50,000 spending limit in stores and unlimited on POS.
    **WHAT WE OFFER**
    *1)WESTERN UNION TRANSFERS/MONEY GRAM TRANSFER*
    *2)BANKS LOGINS*
    *3)BANKS TRANSFERS*
    *4)CRYPTO CURRENCY MINNING*
    *5)BUYING OF GIFT CARDS*
    *6)LOADING OF ACCOUNTS*
    *7)WALMART TRANSFERS*
    *8)BITCOIN INVESTMENTS*
    *9)REMOVING OF NAME FROM DEBIT RECORD AND CRIMINAL RECORD*
    *10)BANK HACKING*
    email blankatmmasterusa@gmail.com
    you can also call or whatsapp us Contact us today for more enlightenment

    +1(539) 888-2243
    WE ARE REAL AND LEGIT...........2019 FUNDS/FORGET ABOUT GETTING A LOAN..

    IT HAS BEEN TESTED AND TRUSTED

    whatsapp only ===>>   +1(539) 888-2243

    ReplyDelete
  10. Nama saya Siti Maria, dari Indonesia. Saya menghubungi Ny. RIKA ANDERON PINJAMAN DAN PERUSAHAAN INVESTASI BITCOIN untuk bisnis dengan jumlah pinjaman tanpa jaminan $ 10.000. Kemudian saya diberitahu tentang langkah menyetujui jumlah pinjaman yang saya minta, setelah mengambil risiko lagi karena saya sangat ingin mendirikan usaha untuk kejutan terbesar, jumlah pinjaman disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam 7 jam perbankan tanpa ada tekanan mendapatkan pinjaman saya. Saya terkejut karena saya pertama kali menjadi korban penipuan! Jika Anda tertarik untuk mendapatkan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda dapat menghubungi RIKA ANDERSON PINJAMAN DAN PERUSAHAAN INVESTASI BITCOIN melalui Email rikaandersonloancompany@gmail.com
    untuk pertanyaan dan penjelasan Whatsapp +1 (323) 689-3663

    ReplyDelete
  11. Halo semuanya
    Saya ingin menggunakan media ini untuk membuat Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan sesulit yang Anda kira

    Saya Rina Mariana penduduk asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman dari  ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan mudah dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru menjadi firma pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang, tetapi mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang kepada perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari   ONE BILLION RISING FUND

    Saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari  ONE BILLION RISING FUND   kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah Anda sangat bebas untuk bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

                                              KONTAK PERUSAHAAN

     Nama Perusahaan ::::::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

                                 Hubungi saya
    Rina Marian
    rinamariana874@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA Unit Penerangan dan Penerbitan KPIPM sesi 2023/2024 Firman Allah SWT : { فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَ...