Thursday, June 5, 2014

"USRAH WASILAH PERJUANGAN"


Allah subhanahu wataala telah berfirman di dalam kitabnya yang membawa maksud :

"Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka,dan kami tambahkan pertunjuk kepada mereka.Dan  kami teguhkan hatimereka ketika mereka berdiri(Bangun dan menghadap Raja Dikyanus yang zalin dan sombong) lalu mereka berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi,kami tidakmenyeru Tuhan selain dia.Sesungguhnya,kalau kami berbuat demikian,tentu kami telah mengucapkan perkataan yang sangat jauh dari kebenaran."
                                                                                                                      
                                                                                             (Surah Al-Kahfi:13-14)
     


Berdasarkan ayat di atas  jelaslah kepentingan ruh golongan syabab (pemuda) dalam memastikan kesinambungan gerak kerja Islam. Ayat ini jugak menceritakan kepada kita syarat dan asas untuk memastikan  golongan ini berjuang  dan kita  juga berpegang untuk menjadi golongan pemuda yang berperanan dalam mengangkat darjat ummmah.
   
       Termaktub di dalam  sirah Rasulullah sallahu’alahi wasallam dan sejarah Islam yang mana golongan pemuda ini memainkan peranan penting dalam memastikan tertegaknya panji Allah subhanahu wataala di atas hamparan  bumi ini.

     Apabila kita ingin menegakkan panji Allah subhanahu wataala pasti di sana akan ada syarat yang perlu dipatuhi serta dipersetujui  yang telah ditetap oleh Allah subhanahu wataala agar pertolongan Allah subhanahu wataala dan kemenangan daripadaNya menjadi milik perjuangan Islam yang hakiki.

Antara elemen yang terpenting yang perlu dipatuhi adalah:

1)    Memiliki iman yang kental dan iman yang tasdik (dibenarkan) bukan sahaja pada hati dan jiwa kita akan  tetapi iman yang dicernakan dalam bentuk  amalan yang mampu menjadi qudwah(contoh) umpama al-Quran dan as-Sunnah menerangi bumi ini.

2)    Al-huda (pertunjuk dari Allah s.w.t). Dakwah merupakan satu proses pemindahan maklumat dan arahan al-Quran ke alam waqi’ie (realiti) dan ianya berhajat kepada pentafsiran dan penjelasan kepada semasa ummah.Islam tidak boleh diterjemahkan dalam bentuk abstrak ataupun khayalan akan tetapi permasalahan ini akan dapat di rungkaikan melalui Al-huda daripadaNya.

3)    Islam bukanlah addin(agama) untuk golongan al-mutafajirin(golongan yang hanya melihat) mahupun al-mutaqa’idin(golongan yang hanya berpeluk tubuh) tetapi golongan yang ditunjukkan adalah golongan yang bersifat haraki yang dinamiklagi produktif yang berupaya melahirkan sebuah natijah yang bukan bersifat jumud(beku).Ini tidak bermakna kita mengharapkan kepada sebuah natijah yang cepat akan tetapi ianya merupakan satu rangsangan daya juang yang sentiasa berpegang dan mengecapi redha daripada Allah s.w.t.

4)    Pertautan hati yang antara lainnya membawa makna untuk memerintahkan kita supaya bekerja  dan bergerak secara kolektif dan menghimpunkan hati-hati kita dengan ikatan iman,islam dan ukhuwah islamiyahyang tidak mengenal erti perbezaan melainkan taqwa kepada Allah s.w.t.Ikatan ini adalah ikatan yang simpulannya tidak akan terungkai melainkan dengan permasalahan serta perbezaan furu’(perkara yang cabang) tetapi yang sentiasa diarahkan oleh panduan al_quran dan as-Sunnah.



Usrah merupakan tunjang kekuatan dalaman umat Islam.

     Usrah yang bermaksud keluarga yang merupakan satu medan di mana ahlinya turut menjalani satu proses pembentukan yang dibina berdasarkan semangat ukhuwah islamiyah.Jika kita menyebut ianya sebagai salah satu proses pembentukan maka di sana membawa  makna penekanan  serta perbincangan  di dalam usrah dalam mencakupi satu bidang yang luas dan menyeluruh.Penekanan terhadap unsur-unsur yang dapat melahirkan peningkatan dalam kefahaman islam sebagai satu sistem yang lengkap lagi melengkapkan.

       Islam amat menitik beratkan pembentukan usrah dikalangan ahlinya dan mengarah mereka supaya mampu menjadi qudwah hasanah ,mengeratkan ikatan ukhuwah  serta mengangkat tahap persaudaraan mereka dari sudut perkataandan teori kepada perbuatan dan praktikal. Usrah disusun untuk mengapai keredhaan Allahs.w.t disamping mendekatkan diri kepadaNya, selain itu, fungsi usrah juga adalah bagi mengeratkan tautan ukhuwah serta memelihara dan menghubungkan diri sesama manusia dan alam,mendalami ilmu fardu ain,memberi galakan serta bimbingan dalam aspek ibadah kepada ahli usrah,merawat unsur negatif  dalam diri dan mendalami dan menteladani sirah dan sejarah Islam.

     Aktiviti usrah dapat memupuk semangat islam  dikalangan ahli yang menyertainya.Pelbagai pendedahan dan perbincangan usrah  antaranya bacaan al-quran ,tafsir,fiqh,akidah,isu semasa dan banyak lagi.Selainitu,hubungan silaturahim yang terbina dapat meningkatkan keberanian kepada ahli usrah dalam menyampaikan pendapat dan melampirkan hujah dikalangan ahli usrah.

 Sehubungan itu, isi usrah mestilah dikembangkan  supaya menjadi lebih menarik dan kreatif tidaklah hanya tertumpu kepada pembacaan teks dan hafalan semata-mata.Pendekatan usrah ini juga sangat efektif kerana bilangan ahli di dalamnya  tidaklah terlalu ramai dan dapat memfokuskan topik perbincangan yang dibincangkan mengikut  ketetapan ketua usrah.

            Oleh yang demikian, jelaslah di sini betapa pentingnya usrah sebagai satu wasilah dakwah dan perjuangan. Bertepatan dengan dasar KPIPM yang menjadikan Al-Quran dan As-sunnah sebagai panduan, yangtelah  menjadikan Jabatan Fasilitator sebagai salah satu penggerak institusi tarbiah khusus buat anak-anak Perak di Bumi Mesir ini.

SATU FIKRAH SATU AMAL

BERILMU, BERAMAL, IKHLAS
MEMURNIKAN PEMIKIRAN, MELESTARIKAN KESATUAN
KEUNGGULAN SYAKHSIAH TUNJANG WAHDAH.

Nukilan :
Saudari Nabilah Binti Mokhtar
Timbalan Pengarah,
Jabatan Fasilitator Keluarga Pelajar-pelajar Islam Perak Mesir
Sesi 2014.




6 comments:

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  2. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Damai sejahtera bagi Anda semua, saya mrs. Puspita Ismaya dari Balikpapan di Indonesia. Saya sangat senang karena saya mendapat pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Rika Anderson. Saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman online, semua pujian ditujukan kepada Yang Mahakuasa, saya mendapat pinjaman sebesar Rp80.000.000 beberapa hari yang lalu dari ibu dari CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.

    Saya harap Tuhan memberkati mereka semua, saran saya bagi mereka yang mencari pinjaman internet harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu, silakan hubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY email rikaandersonloancompany@gmail.com. Whatsapp +15183602491 Anda juga dapat menghubungi saya di puspitanismaya@gmail.com

    KESAKSIAN: Puspita Ismaya
    NEGARA: Balikpapan di Indonesia
    PINJAMAN: Rp80.000.000
    puspitanismaya@gmail.com

    RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +15183602491

    ReplyDelete
  5. Saya Miluliua lius dari Indonesia, saya menggunakan Covid-19 Virus kali ini untuk memperingatkan semua kolega, saudari dan saudara lelaki saya di Indonesia. Yang mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kepada Anda pinjaman asli adalah RIKA ANDERSON PINJAMAN DAN PERUSAHAAN PERDAGANGAN FOREX. Saya mendapat pinjaman dari mereka pada bulan April 2020 ini. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 4 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi ibu RIKA ANDERSON mengembalikan impian saya. Ini adalah alamat email asli mereka: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Whatsapp +1 (323) 689-3663.
    Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran.
    Email: Miluliualius@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    ReplyDelete

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA

MINDA PIMPINAN | KEBAJIKAN AGENDA UTAMA Unit Penerangan dan Penerbitan KPIPM sesi 2023/2024 Firman Allah SWT : { فَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَ...