Saturday, July 22, 2017

MINDA PIMPINAN | AKHLAK MULIA YANG SEMAKIN MENGHILANG



AKHLAK DALAM KALANGAN MANUSIA KIAN HILANG

Bismillahirrahmanirrahim…
Assalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh..

     Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Penguasa Hari Pembalasan. Selawat dan salam dipanjatkan ke atas Nabi Muhammad, penutup sekalian nabi dan rasul, ahli keluarga Baginda, para sahabat, dan para pejuang agama Allah sepanjang zaman.

     Manusia adalah makhluk Allah yang teristimewa yang memiliki tabiat dan mentaliti yang mempengaruhi amalan dan tingkah lakunya, maka keperibadian inilah yg menjadi perbicaraan dan perbincangan yang utama dalam sesebuah akhlak.

     Memang tidak dapat disangkalkan lagi bahawa akhlak merupakan nadi utama dalam pembangunan rohani manusia. Setiap tamadun umat manusia dari dahulu sehingga kini ianya terbina daripada asas akhlak ataupun dikenali sebagai tamadun kemanusiaan.

     Di sini, bukanlah takrif akhlak yang cuba kita kupaskan, namun masalah akhlak yang semakin hilang dalam kalangan manusia itu sendiri baik dewasa, remaja mahupun kanak-kanak.

     Mutakhir ini, akhlak dalam kalangan kita cukup rendah sehingga boleh menimbulkan fitnah yang cukup besar bagi umat Islam itu sendiri di mana, telah wujudnya manusia yang mengambil enteng perihal akhlak sehinggakan berlaku ketidaktarikan golongan bukan Islam untuk mendalami Islam, bahkan terus menolak dan menganggap Islam agama yang tiada kedamaian. Maka, ini bukanlah satu contoh akhlak yang baik bagi umat Islam. Persoalannya, mengapa kita perlu mengambil tindakan yang merugikan agama kita sendiri?

     Sebagaimana yang kita tahu, kepentingan akhlak yang mulia akan mencorak tingkah laku dan kehidupan seseorang. Apabila sesebuah akhlak yang mulia telah menjadi sebati dalam diri maka akan lahir tindakan spontan bergantung kepada nilai akhlak yang ada padanya. Akhlak juga mencerminkan keimanan seseorang. Dengan erti kata lain, iman yang sempurna akan melahirkan akhlak yang mulia. Mafhum dalam sebuah hadis yang berbunyi, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya.” (HR. Abu Daud, Ahmad dan Tirmidzi).

     Selain itu, akhlak adalah pemangkin perubahan. Sejarah Islam telah membuktikan bahawa keruntuhan akhlak dan moral akan menggagalkan usaha kepada perubahan. Sepertimana yang telah berlaku di Turki ketika kejatuhan Khilafah Uthmaniah, keruntuhan nilai akhlak dalam kalangan pemerintah dan tentera-tenteranya merupakan faktor utama kejatuhan khilafah ini. Jadi, nilai sesebuah akhlak itu sangatlah penting buat umat Islam kini.

     Tidak ada manusia yang terbaik akhlaknya melainkan Rasulullah S.A.W.. Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Saidatina Aisyah R.A tentang akhlak Rasulullah S.A.W.. Lalu Aiyah R.A menjawab: Akhlak Rasulullah S.A.W adalah Al-Quran. (HR Muslim).
Dan banyak sirah rasulullah yang boleh kita teladani.

     Namun, kita bukanlah tuhan untuk menentukan kesempurnaan akhlak seseorang, tetapi baik dan mulianya akhlak itu jika digunakan ke arah yang lurus dan betul mengikut landasan syarak serta berdoa agar seluruh kesejahteraan umat Islam di dunia ini terpelihara dengan akhlak yang baik.

     Berdasarkan kata hukamak ‘Lisanul Hal Aqwa Min Lisanul Maqal’ yang bermaksud bahasa sikap itu lebih tinggi daripada bahasa ucapan. Ini dapat membuktikan sesuatu tindakan yang kita lakukan itu lebih penting berbanding percakapan indah semata.

     Justeru itu, Akhlak Islamiyah perlu dipraktikkan dalam kalangan umat Islam sendiri agar kesatuan tercapai, terutamanya generasi yang bakal memimpin negara. Dan perhatikanlah, mencontohi akhlak mulia Rasulullah S.A.W. hugs merupakan sunnah Rasulullah yang semakin dilupakan oleh umatnya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan manusia yang mencontohi Rasulullah SAW dan menjadikan Baginda Qudwah Hasanah dalam segenap aspek yang dituntut.

Siiru ‘ala barakatillah…

“BERILMU, BERAMAL, IKHLAS”
“Memurnikan Pemikiran, Melestarikan Kesatuan”

Tinta Pimpinan oleh :
Nur Afifah Najihah binti Ahmad Khalil
Setiausaha HEWI KPIPM sesi 2016/2017


4 comments:

  1. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rahmat untuk melakukan dalam hidup saya. Nama saya adalah kemala cahyono dari kota bekasi di Indonesia, saya seorang janda dengan 3 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan pesawat dan sejak itu kehidupan telah sengsara.

    Sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih.

    Pada hari yang didedikasikan ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Rahma bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Grace dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pemberi pinjaman, Grace dan seberapa benar pinjaman itu dari Grace's ibu dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ms. Grace dan setelah mengajukan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam.

    Saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan memberikan kesaksian kepada orang lain tentang rahmat ibu perusahaan pinjaman, jadi saya ingin untuk menggunakan media ini untuk memberikan saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: cahyonokemala@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Rahma Henny via email: rahmahenny45@gmail.com
    Nyonya Grace melalui email: gracealexanderloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(407)792-5682
    WhatsApp: +1(407)792-5682

    ReplyDelete
  2. Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY (ISKANDAR LENDERS) via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    e_mail:::[aditya.aulia139@gmail.com]
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp:::[+44] 7480 729811[Chats Only]
    Telephone Number☎[+44] 7480 729811[Calls Only]
    BBM INVITE:::[D8980E0B]

    ReplyDelete
  3. Halo semua yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammer di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. silakan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON yang sah yang bertanggung jawab atas SEMUA GRANT.

    Mereka memberikan semua jenis pinjaman mulai dari jumlah minimum 5.000 hingga 500.000.000 pada mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Poundsterling Inggris (GBP)., Begitu Anda menghubungi mereka, mereka akan memproses pinjaman Anda untuk Anda, yang harus Anda lakukan adalah menghubungi ibu Elina di elinajohnson22@gmail.com,

    Anda juga dapat menghubungi di WHATSAPP (+2348147739239) nya. Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi saya di email saya .... wahyunielvin@gmail.com.

    Perlu diketahui bahwa hanya perusahaan induk yang dapat Anda pinjam, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman lainnya. Terima kasih, semoga Allah menjaga dan melindungi Anda Semua .... Amin

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete

LAPORAN | KEJOHANAN PIALA KPIPM DAN PIALA AN-NISA’ 2024

LAPORAN | KEJOHANAN PIALA KPIPM DAN PIALA AN-NISA’ 2024 Biro Tabung Kebajikan, Kesenian dan Riadah KPIPM sesi 2023/2024 KAHERAH, 17 & 18...